Jumat, 27 November 2015

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM

PANDUAN MENGGUNAKAN CLASSROOM
Masuk Untuk Pertama Kalinya
 1. Buka aplikasi perambahan website (browser) pada komputer desktop Anda. Laman Classroom ditampilkan dalam beberapa bahasa. Untuk memudahkan, pastikan bahasa yang digunakan pada web browser Anda adalah Bahasa Indonesia. 
2. Masuk ke laman http://www.classroom.hsks.sch.id.
3. Klik tombol “Buka Kelas”untuk masuk ke laman login Akun Google.
4. Login menggunakan Email Classroom berupa nomor induk siswa (NIS) sebagai nama pengguna dan kata sandi berupa tanggal lahir, masing-masing dengan format TahunBulan-Tanggal
5. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke laman konfirmasi mengenai persetujuan syarat dan ketentuan layanan Google. Klik tombol “Saya setuju. Lanjutkan ke akun saya” untuk melanjutkan
6. Untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang yang tidak berhak, Anda diminta untuk mengganti kata sandi sementara. Masukan kata sandi baru untuk menyelesaikan proses masuk.
7. Pilih tombol “Siswa” untuk memulai menggunakan Classroom
8. Untuk selanjutnya Anda akan diarahkan ke laman Beranda Classroom 
9. Lakukan pendaftaran (gabung) kelas dengan cara mengklik tanda “+” pada sisi pojok kanan atas dekat dengan informasi akun Classroom Anda dan klik “Gabung dengan kelas”, masukan kode kelas yang terdapat pada lembar jadwal tugas sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang akan didaftarkan (gabung). 
10. Bila berhasil Anda akan diarahkan pada laman Beranda Classroom. Pada laman ini akan ditampilkan daftar kelas atau mata pelajaran yang telah Anda daftarkan di awal.
 11. Klik “Judul Kelas” untuk masuk ke laman dashboard kelas Anda. Pada menu aliran Anda dapat melihat daftar tugas. Selain itu Anda dapat berbagi pesan atau memberi komentar pada item tugas dalam kelas kapan saja. Semua pos atau komentar muncul di bawah item dalam aliran.
Pada laman dashboard ini, Anda juga dapat melihat informasi nama teman sekelas dan melakukan komunikasi langsung melalui email dengan mengklik ikon email pada sisi kanan nama teman Anda.
12. Untuk memulai mengerjakan tugas, klik tombol “Buka” pada item judul tugas yang akan dikerjakan, kemudian pilih opsi alat yang tersedia pada Classroom sesuai petunjuk yang tertera pada tugasAnda dapat mengunggah atau menambahkan file yang telah di buat sebelumnya, dengan cara mengklik tombol “Tambahkan” pilih “Unggah File”Atau membuatnya langsung mengunakan alat pengolahan dokumen online yang tersedia pada Classroom, klik tombol “Buat” pilih “Dokumen”Jika Anda ingin bertanya tentang tugas, Anda dapat langsung memberi komentar pada laman tugas tersebut. Komentar ini akan bersifat privat atau hanya dapat dilihat antara tutor dan Anda
13. Setelah tugas siap untuk dikumpulkan, klik tombol “Serahkan” untuk mengumpulkan tugas
14. Apabila terdapat kesalahan dalam pengiriman, Anda dapat membatalkan pengumpulan tugas dengan dengan mengklik tombol “Batalkan Pengiriman”. Pembatalan hanya bisa dilakukan selama masa tenggat waktu pengumpulan belum berakhir atau selama tutor belum melakukan pemeriksaan dan penilaian tugas.
15. Perhatikan status pada item tugas yang terdapat pada menu “stream” atau aliran, apabila terjadi perubahan status dari “Done” atau “Selesai” menjadi “Returned” atau “Dikembalikan” maka itu artinya tugas Anda sudah selesai dilakukan penilaian. Untuk melihat nilai buka item tugas Anda. Apabila nilai sudah muncul, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan pengiriman ulang tugas atau mentap tombol “Resubmit”, karena proses koreksi tugas yang diselenggarakan melalui Classroom hanya dilakukan satu kali.




Menggunakan Classroom Pada Smartphone Android Untuk dapat menggunakan aplikasi Classroom pada smartphone Android, anda terlebih dahulu harus menggaktifkan akun Classroom melalui web browser. Bila akun sudah diaktifkan, ikuti petunjuk di bawah ini.
 1. Buka/tap aplikasi Play Store pada Smartphone Anda. 
2. Ketikan “Classroom” di menu pencarian. 
3. Pilih Classroom kemudian tap tombol “Instal”. 
4. Untuk selanjutnya akan muncul laman pop up persetujuan, tap tombol “accept” untuk melanjutkan instalasi
5. Setelah proses instalasi selesai, tap tombol “Buka” atau “Open” untuk membuka aplikasi Classroom. 
6. Masukkan informasi akun Classroom Anda, tap tombol “Buka” atau “Sign In”. 
7. Kemudian tap “add another account” atau “tambahkan akun lain”.
8. Pilih tombol “Existing” kemudian masukan informasi akun Classroom Anda pada kolom yang tersedia, setelah itu akan muncul laman pop up, pilih “OK” untuk melanjutkan. 
9. Ketika proses signing in berhasil Anda akan diminta persetujuan update melalui email dan sinkronisasi akun, tap ikon segitiga untuk melanjutkan. 
10. (Opsional) Ikuti tur Classroom dengan panduan atau sentuh “Lewati” atau “Skip” untuk membatalkannya. 
11. Untuk memulai mengerjakan tugas, taptombol “Buka” pada item judul tugas yang akan dikerjakan, kemudian pilih opsi alat yang tersedia pada Classroom sesuai petunjuk yang tertera pada tugas.
12. Anda dapat mengunggah atau menambahkan file yang telah di buat sebelumnya, dengan cara mentap icon “File” atau membuatnya langsung mengunakan alat pengolahan dokumen online yang tersedia pada Classroom, dengan mentap ikon “New Docs”.
13. Setelah tugas siap untuk dikumpulkan, tap tombol “Turn In” atau “Serahkan” untuk mengumpulkan tugas. Akan muncul laman pop up berupa konfirmasi tap “Turn In” untuk melanutkan
14. Kemudian akan tampil laman yang menginformasikan bahwa tugas telah berhasil di kirimkan. Tap “Tanda Panah” untuk kembali ke laman beranda kelas. Pada menu stream atau aliran terdapat perubahan status pada item menjadi “Done” itu artinya Anda telah selesai mengerjakan tugas. 
15. Apabila terdapat kesalah dalam pengiriman tugas, Anda dapat membatalkan pengumpulan tugas dengan mentap tombol “Unsubmit”. Pembatalan hanya bisa dilakukan selama masa tenggat waktu pengumpulan tugas belum berakhir atau selama tutor belum melakukan pemeriksaan dan penilaian tugas.  
16.Anda dapat melihat nilai tugas yang dikerjakan pada menu “stream” atau aliran kemudian pilih item tugas. Perhatikan status pada item tugas yang terdapat pada menu “stream” atau aliran, apabila terjadi perubahan status dari “Done” atau “Selesai” menjadi “Returned” atau “Dikembalikan” maka itu artinya tugas Anda sudah selesai dilakukan penilaian. Untuk melihat nilai tap item tugas Anda. 
17. Apabila nilai sudah muncul, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan pengiriman ulang tugas atau mentap tombol “Resubmit”, karena proses koreksi tugas yang diselenggarakan melalui Classroom hanya dilakukan satu kali.



SEKIAN TERIMAKASIH(:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar